Kamis, 09 Mei 2013

Killer Joe

 Sutradara: William Friedkin, 2011


"Apa yang akan kau lakukan jika dirimu terjerat hutang dalam jumlah banyak dan kau harus segera melunasinya, jika tidak nyawamu sebagai penggantinya". Kalang kabut mencari pinjaman sana sini demi harta yang tergantikan, nyawa. Ya, inilah benang merah yang akan kalian saksikan dalam film Killer Joe yang diarahkan oleh orang yang sama memenangkan Piala Oscar tahun 1972 lalu melalui filmnya The French Connection. Dengan dukungan para aktor dan aktris Hollwood terkenal macam Matthew McConaughey (The Lincoln Lawyer), Emile Hirsch (Speed Racer), Juno Temple (The Dark Knight Rises), Thomas Haden Church (Spider-Man 3) dan Gina Gershon (L.O.L) mereka berusaha menghidupkan karakter dari tokohnya masing- masing agar terlihat perbedaannya dengan film bertema sejenis. Kisah tentang perencanaan pembunuhan.

Keluarga Smith adalah contoh keluarga yang berantakan mulai dari orang tua sampai anaknya. Ansel (Thomas Haden Church) seorang kepala rumah tangga yang gagal mempertahankan bahtera rumah tangganya. Entah karena alasan apa setelah bercerai dengan istri pertamanya, Adele, dirinya menikah lagi dengan Sharla (Gina Gershon). Salah satu anaknya, Chris (Emile Hirsch) -buah pernikahannya dengan Adele- di usia dewasanya yang seharusnya sudah mempunyai pekerjaan yang mapan eh malah terjerat hutang sebesar $ 6.000 dengan seorang bos bandar narkoba Tuan Digger Soames (Marc Macaulay) akibat menghilangkan 57 gr kokain. Setelah melewati perbincangan panjang akhirnya mereka (Ansel dan Chris) memutuskan untuk membunuh Adele karena disinyalir Adele memiliki polis asuransi jiwa sejumlah $ 50.000 dan yang lebih memantapkan rencana tersebut yaitu penerima hak waris nantinya adalah Dottie (Juno Temple) adik kandung Chris. Apakah rencana mereka berhasil?.

Dari sanalah alur cerita Killer Joe mulai naik perlahan- lahan kemudian sampailah kita kepada hadirnya satu karakter penting dalam film ini. Siapa itu sebenarnya sosok "Killer Joe" hingga dijadikan sebagai judul film. Selain dalam kesehariannya menjabat sebagai seorang detektif disela-sela kegiatannya memiliki bisnis sampingan yakni sebagai pembunuh bayaran. Killer Joe Cooper, ya inilah nama lengkap 'pahlawan" yang pertolongannya sangat dibutuhkan oleh Ansel dan Chris. Sekilas melihat tokoh karakter yang diperankan oleh aktor Matthew McConaughey mengingatkan saya dengan 2 (dua) tokoh karakter yang memiliki ciri khas yang hampir mirip. Pertama: tokoh karakter bernama Dexter salah satu serial televisi yang berjudul sama diperankan oleh Michael C. Hall. Berkat keahliannya pekerjaan kotor yang ia lakoni tertutup dengan sangat bersih. Kedua: tokoh karakter yang bernama Frank Martin yang diperankan aktor Jason Statham dalam trilogi Transporter The Movie. Si pengguna jasanya harus setuju dengan syarat yang diajukannya.

Jika kalian berpikir keluarga Smith ini contoh keluarga yang berantakan dan (mungkin) yang lebih parah jika dibilang sebagai anggota keluarga yang tidak waras. Itu ada benarnya. Masakan berniat membunuh istri/ ibunya sendiri hanya karena masalah hutang. Gila dan tidak masuk akal. Tidak sampai disini film ini pun makin menggila dengan tindak tanduk yang dilakukan si Joe Killer terutama adegan mendekati akhir cerita. Oke, diluar penilaian saya pada film ini atas 'kegilaannya' saya melihat ada sisi cerdas yang ingin disampaikan oleh Tracy Letts sebagai penulis cerita di film ini. Kejutan kecil (=twist) yang disampaikan di tengah alur kisahnya sedikit membelokkan pikiran/tebakan penonton bagaimana kisah ini seharusnya berakhir. Akhir kata, Killer Joe berhasil membawa alur kisahnya berbeda dengan film sejenisnya berkat totalitas akting para pemerannya, terutama akting Matthew McConaughey yang berhasil berperan sebagai tokoh antagonis.    
 

0 komentar:

Posting Komentar