Senin, 13 Agustus 2012

407 Dark Flight


 Director: Isara Nadee, 2012


Apa yang menjadi ciri khas film bertemakan horror thriller? Salah satu poin paling menonjol ialah mampu membuat reaksi penonton ketakutan akibat munculnya penampakan tak terduga roh halus.  Lihat saja film- film seperti The Grudge dimana terdapat adegan seorang wanita sedang keramas tiba-tiba muncul jari tangan di kepala si wanita tersebut. Atau, lihat juga adegan saat hantu wanita berambut panjang keluar dari TV dalam The Ring. Bahkan adegan yang paling saya ingat dalam film Shutter – salah satu horror dari negara Thailand yang paling saya sukai-  dimana seorang pria yang sering mengeluh disekitar pundaknya yang ternyata si pria tersebut sedang menggendong hantu wanita yang dulu pernah mencintainya. Lalu, apa yang akan coba ditawarkan 407 Dark Flight  sebuah horror thriller Thailand- ketika film sebelumnya sudah menyajikan tingkat horror paling ekstrim.

Kisah film yang disutradarai Isara Nadee ini nyaris serupa dengan film Thailand yang sudah ada, dimana manusia yang mati penasaran akan gentayangan, hanya kali ini yang menjadi setting lokasi bukan rumah berhantu. Telah terjadi suatu kecelakaan pesawat terbang dimana secara tiba- tiba kehilangan arah. Penyelidikan yang sudah dilakukan tidak membuahkan hasil, karena kecelakaan ini tergolong aneh, jadi kasus ini pun ditutup. Kisah berlanjut ke beberapa tahun  kemudian,  tampak beberapa penumpang yang sedang menunggu jadwal keberangkatan pesawat SA 407 diantaranya sepasang keluarga(ayah, ibu, dan seorang gadis kecil), seorang gadis turis dari Hongkong, seorang pria backpacker, seorang nenek , dan seorang rahib muda. Disisi lain, seorang pramugari bernama New- yang memutuskan untuk terbang lagi meski masih ada rasa trauma dalam dirinya dimasa lampau. Dan, kru penumpang pesawat terbang ini bertambah satu yakni seorang laki yang terkunci di dalam bagasi saat keberangkatan pesawat – ia bertugas memeriksa keadaan fisik pesawat sebelum keberangkatan.

Sampai disini belum  terjadi keanehan, namun saat pesawat tinggal landas dimulailah pelbagai kejadian supernatural-diluar nalar manusia,sehingga membuat para penumpang panik. Dimulai dari kontrol tekanan udara yang tiba-tiba tidak berfungsi normal sehingga membuat para penumpang sesak nafas karena kekurangan oksigen, kemudian ada penumpang yang dirasuki roh halus hingga serentetan penampakan. Ya, terror arwah penasaran semakin menjadi yang kemudian membawa kematian satu per satu para penumpang. Apakah pesawat SA 407 ini dikutuk? Lalu apa yang menjadi penyebabnya? Pertanyaan ini akan segera terjawab di tengah cerita dimana berkaitan dengan salah satu para penumpang.

407 Dark Flight memang mengandung horror yang saya bisa katakan cukup menyeramkan. Sayangnya, hampir semua adegan seram itu dibesut kurang maksimal, karena terciptanya ketakutan yang ada bukan karena sosok hantu yang mengandalkan wajah buruk tetapi reaksi paranoid yang terkesan berlebihan dari para penumpang. Kendati demikian, 407 Dark Flight juga menyelipkan beberapa adegan humornya, semisal karakter pramuniaga yang banci, adegan memeragakan saat keadaan darurat diiiringi musik disko.  Jadi jika teman- teman ingin menonton horror Thailand- yang menurut hemat saya tidak begitu menakutkan, boleh jadi film ini menjadi salah satu pilihan untuk ditonton.  

      

0 komentar:

Poskan Komentar