Sabtu, 11 Agustus 2012

American Reunion


Director: John Hurwitz, Hayden Schlossberg, 2012


Pada tahun 1999 ada satu film drama- komedi remaja bercerita tentang sekelompok anak muda di suatu SMU terdiri dari 5 (lima) orang remaja pria: Jim, Kevin, Oz, Finch, dan Stifler dimana berikrar akan melepas keperjakaan mereka tepat pada malam pesta perpisahan (aka Prom Night) dengan judul American Pie. Sekuelnya, American Pie 2 (2001) menceritakan liburan mereka di musim panas di sebuah lokasi tepi danau setelah mereka duduk di bangku kuliah dan bertemu kembali dengan pacarnya masing- masing semasa SMU. Di film yang ketiga-yang tak lagi ada embel-embel kata Pie dibelakangnya- American Wedding (2003) berfokus pada Jim yang telah memantapkan hatinya untuk segera menikahi kekasihnya,Michelle sejak masih duduk dibangku SMU. Tahun ini 2012, Universal Pictures kembali menyajikan sebuah lanjutan dari kisah kelima pria yang penuh dengan kekonyolan lewat sebuah media film pemancing tawa, American Reunion.

Kelima tokoh utama dalam American Reunion ini hakekatnya bukan lagi pria yang masih muda. Jim dan Michelle kini sudah memiliki momongan seorang anak laki-laki bernama Evan. Kevin pun juga sudah memiliki istri, Ellie. Si pemain football,Oz sudah bekerja sebagai pembawa acara olahraga yang juga sudah memiliki istri, Mia. Hanya Finch dan Stifler yang masih lajang. Karena, mereka sudah lama tak bertemu muncullah ide Kevin untuk mengadakan acara reuni SMU dengan syarat tanpa kehadiran Stifler. Jadi yang datang hanyalah Jim,Oz, Finch dan tentunya Kevin. Akhirnya mereka berempat janjian untuk bertemu dulu di sebuah bar. Tak disangka, si biang masalah Stifler mengetahui keberadaan teman mereka. Dan, sudah bisa ditebak rencana reuni yang harusnya berlangsung biasa- biasa saja menjadi ‘luar biasa’.

Ya seperti judulnya, mereka berlima betul- betul mengalami pertemuan kembali dengan teman- teman mereka semasa SMU. Jim yang dikenang oleh semua orang sebagai pemuda yang gagal melewati 'cobaan' seks pertamanya bertemu dengan anak tetangga yang dulu diasuhnya,Kara; kemudian saat berada dipantai Oz tak sengaja bertemu dengan mantan kekasihnya,Heather si gadis paduan suara; Vicky yang dulu seorang teman sekaligus kekasih bertemu dengan Kevin; dan Finch pun akhirnya memiliki seorang pacar, Selena yang juga sesama teman SMU. Lalu bagaimana dengan Stifler yang masih tetap mendewakan seks diatas segala-galanya?. Selain mengisahkan pertemuan, ada kisah yang menarik difilm ini yakni bagaimana Jim dan Michelle berusaha mencari waktu berbulan madu untuk kedua kalinya dan bagaimana usaha Jim membahagiakan ayahnya,Levinstein setelah 3 tahun hidup seorang diri semenjak ditinggal istrinya hampir 3 tahun lamanya.

Film ini masih tetap menghadirkan seks sebagai sajian utama dari awal hingga akhir cerita. Tidak ada persoalan lain yang ingin dikisahkan dalam quadrilogy American Pie ini kecuali (lagi-lagi) tentang seks. Sejak permulaan film ini  dibuka penonton sudah diberikan suguhan adegan konyol- lihat saja adegan Jim dan Michelle melakukan 'sesuatu', kemudian adegan dimana Jim sedang menggendong Kara dalam keadaan telanjang dan dilihat anaknya,Evan, serta bagaimana reaksi wajah Stifler saat melihat Kara dalam keadaan seperti itu. Tetapi, semua itu kurang 'menggigit', karena sedari awal di seri pertama sampai seri ketiga semua adegan tadi sudah pernah ditampilkan. Meski demikian kisah American Reunion masih enak untuk ditonton, terutama bagi saya pribadi serasa menikmati reuni- ya saya masih ingat menonton film American Pie seri pertama, ketika itu duduk dibangku kuliah- ditambah lagi di film ini diisi lagu-lagu soundtrack akhir tahun 90-an semisal lagu Wannabe yang dipopulerkan Spice Girls dan lagu I'll Make Love To You dibawakan oleh Boyz II Men dimana mampu menolong penonton untuk lebih menikmati aksi komedi remaja super konyol dan blak- blakan ini.


3 komentar:

  1. pas pembukaan itu judul lagunya apa ya ?

    BalasHapus
  2. Setelah sy cek di cd ost american reunion ternyata lagu pembuka ini blm sy temukan..:(

    BalasHapus
  3. nice article, lagi belajar nulis juga semoga bisa jadi kaya sampean hehe http://leonardfresly.blogspot.com/

    BalasHapus