Minggu, 16 September 2012

The Emperor's Concubine

Director: Kim Dae- Seung, 2012



Salah satu film drama Korea yang akan coba saya ulas dibawah ini sebenarnya  tidak masuk dalam daftar film yang akan saya tonton via DVD, karena jujur saya kurang  update film-film Asia. Sembari saya mencari-cari judul film, salah satu penjaga lapak DVD menawarkan sekaligus menceritakan sedikit inti cerita dari film ini dan dalam benak saya kok sepertinya bagus ya untuk ditonton. Bagaimana hasilnya apakah film ini memang bagus seperti yang dikatakan penjual DVD tadi? Well berikut inti ceritanya “Apakah yang akan terjadi jika seorang pria bertemu dengan seorang wanita yang sudah memiliki pasangan dibawah situasi yang tidak biasa?” Tentu saja sebuah sebuah kisah cinta segitiga yang rumit dan akhirnya bisa menjadi sebuah ironi kenyataan dimana salah satu tali kasih yang ada itu harus terpenggal. Jawaban ini coba dituangkan oleh Kim Dae-seung.

The Emperor’s Concubine  memulai kisahnya dengan 2 (dua) orang pemuda Seong-won ( Kim Dong-wook)dan Kwon-yoo (Kim Min-joon)  sedang berburu rusa di tengah hutan, entah karena kurang mahir dalam memanah sasarannya Seong-won malah terjatuh dari kuda yang ditungganginya, sementara  Kwon-yoo berhasil memanah tepat pada sasaran yakni si rusa tadi. Karena hasil buruannya malah dinikmati oleh Seong-won, marahlah Kwon-yoo. Amarah ini kemudian terpendam karena kehadiran Hwa-yeon ( Jo Yeo-jeong) dimana kedua insan ini sebelumnya sudah menjalin kasih. Melihat betapa cantiknya Hwa-yeon terpikatlah Seong-won. Setibanya di kerajaan, Seong-won meminta ijin kedua orang tuanya agar direstui perjodohannya.  Ternyata tidak semudah yang dibayangkan olehnya karena si ibu, Dae-bi (Park Ji-young) mengatakan Hwa-yeon adalah anak pejabat kelas rendahan yang kedudukannya tidak sederajat sehingga tidak pantas masuk dalam kalangan istana. Namun apalah artinya seorang anak raja kalau tidak bisa mendapatkan apa yang diinginkannya. Mendengar kabar kalau Hwa-yeon akan dijadikan selir, sepasang kekasih ini Kwon-yoo dan Hwa-yeon mencoba untuk kawin lari dengan cara melarikan diri ke tempat terpencil . Sayang di pagi harinya para pengawal kerajaan menemukan keberadaan mereka berdua. Dan, Hwa-yeon berhasil dibawa ke kerajaan untuk dijadikan selir. Sementara  Kwon-yoo  supaya tidak bisa mengejar dan mendekati  Hwa-yeon, dikebirilah dirinya oleh ayah dari Hwa-yeon-yang memang seorang petugas kerajaan.

Lima tahun  kemudian Seong-won memiliki seorang putra  sekaligus calon pewaris tahtanya dikemudian hari. Kisah ini pun mulai berkembang ketika ayahanda (baginda raja) Seong-won meninggal dunia secara misterius. Untuk mengisi kekosongan tahta kerajaan dipilihlah Seong-won sebagai pengganti posisi Raja dengan catatan ibunya mendampingi dari belakang tahta. Namun, kebijakan ibu suri yang selalu berada dibelakang dan memberi keputusan akhir, membuat Seong-won sangat marah karena menganggap dirinya sudah dewasa , termasuk ketika suatu saat istrinya meminta dirinya untuk membebaskan salah satu tahanan pemberontak ternyata tidak dikabulkan oleh ibunya. Problema yang terjadi didalam kerajaan makin bertambah rumit dengan kehadiran Kwon-yoo yang kini menjadi seorang kasim yang memiliki rencana balas dendam sampai adanya konspirasi untuk meracuni sang raja, Seong-won.  

Setelah menonton film ini kemarin malam dengan durasinya hampir 120 menit ternyata saya tidak merasa kebosanan. Inilah kepiawaian sutradara sekaligus penulis cerita, Kim Dae- Seung  dalam mengisahkan alur ceritanya. Diawal cerita memang masih terkesan akan TV drama serial yang sudah- sudah namun dipertengahan cerita bagaimana sifat dari para karakter tokohnya mulai ditonjolkan satu per satu dan puncaknya di penghujung cerita (sedikit) membuat emosi para penontonnya. Ya, saya sendiri sampai heran akan akhir ceritanya ‘mau dikata manis tetapi disana tersimpan kepahitan’ .


9 komentar:

  1. bagus yah yg ini?

    BalasHapus
  2. ceritanya bagus , coba tonton film ini dan ada sesuatu yang "istimewa" dari film ini,,,apakah itu? tonton ya

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. pagi...karena saya menonton film ini via DVD jadi untuk pertanyaan Ryan sy gak bisa jawab/ penuhi

      Hapus
    2. http://viooz.co/movies/20495-the-concubine-hoo-goong-je-wang-eui-cheob-2012.html

      Hapus
  4. My spirit movеd away about 3 many yearѕ іn the past my body had
    thе bravегy to lаst but not leaѕt fіnish this ѕаga, and I dіd track down I wаs a lot better been given in thе town I lаst but
    not lеast sіtuateԁ to and as fοr the posіtive fortune I was searching for, I
    ԁeteгmined whаt Joseph Campbell ωгotе was valid: &#8220Your total physical structuгe undеrstandѕ that
    this іs the way tο be аlive in thiѕ ωorlԁ and
    the way to gіνe the particularly tоp that уou hаve
    to will offer you. Creatіng pіzza is pleasurablе, not thаt really ԁifficult, and a wonderfully artistic
    way to imρress mates anԁ fаmily members ωіth your
    cooking аbilities - as well as maκe delicіous
    meals that you shouldn't break the spending budget. Stir in onions, celery, chopped yellow bell pepper and cook dinner right up until tender.

    Check out my website: http://mouthbead21.xanga.com/771115833/old-stone-oven

    BalasHapus
  5. Hi there, after reading this remarkable post i am also glad to share my experience here with friends.


    My blog post :: http://kalkulator.dvoogled.com/curved-shower-rod-col7o912fo.tumblr.com

    BalasHapus
  6. Kamasutranya Korean,,, mantap gan (y)

    BalasHapus
  7. kunjungi blog saya
    http://nontonmoviedrama.blogspot.com

    BalasHapus