Senin, 06 Agustus 2012

Total Recall


 Director: Len Wiseman, 2012

Sebagai informasi Total Recall yang baru saja premiere tanggal 3 Agustus 2012 ini ternyata remake dari Total Recall yang dirilis tahun 1990. Dari sumber yang saya baca, jujur karena saya belum menonton versi aslinya. Film bertema sci-fi yang disutradarai Paul Verhoeven memiliki konsep cerita tentang Rekall, sebuah perusahaan  yang memberikan layanan jasa b`gi mereka yang bosan dengan rutinitas kehidupan sehari-hari  dengan cara menanamkan memori fiktif ke otak si pengguna- saat itu aktor Arnold Scwarzenegger melakukan perjalanan ke Planet Mars. Dan, salah satu adegan memorable-nya adalah Arnie ( panggilan akrab Arnold Scwarzenegger) menarik alat pelacak dari lubang hidungnya dan tentunya wanita berpayudara tiga. Kembali ke Total Recall 2012, apakah versi remake kali ini yang disutradarai Len Wiseman mampu memberikan formula yang berbeda?.

Kisah yang terinspirasi dari cerita pendek karya Philip K. Dick berjudul “We Can Remember It For You Wholesale”, dibuka dengan prolog:  sebagai akibat dari perang kimia global, Bumi kini hanya terdiri dari 2 (dua) negara yakni UFB (United Federation of Britain) dan The Colony. The Fall, satu- satunya alat transportasi  yang digunakan untuk menjembatani perjalanan antara 2 negara ini. Colin Farrell adalah Douglas Quaid, seorang buruh pabrik robot di negara UFB yang sudah memiliki seorang istri, Lori. Dalam kehidupannya ia masih merasakan kejenuhan , tidak adanya kenaikan jabatan, seringnya kerja larut malam menyebabkan kurang terjalin komunikasi dengan si istri ditambah lagi belakangan ini sering bermimpi akan hal yang sama berulang- ulang. Berangkat dari masalah tersebut, ia mencoba datang ke Rekall, ya hanya sekedar melepas kejenuhannya. Sebelum menginjakkan kakinya di Rekall, Harry sahabat dekatnya sempat melarang dengan alasan Rekall akan mengubah bahkan merusak otak si pengguna.

Belum selesai pengecekan segi keamanan data , tiba- tiba regu petugas polisi berlapis baja mendobrak pintu dan membunuh anggota pekerja Rekall. Ketika Quaid akan ditangkap, secara naluri ia bereaksi dan membunuh ke-20 petugas bersenjata tersebut. Setiba dirumah, ia menemui dan menceritakan cerita sebenarnya kepada Lori , namun apa yang didapat bukan ketenangan/ jalan keluar malahan Lori berusaha membunuh dirinya dan mendapatkan satu kenyataan bahwa Lori bukanlah istrinya. Lalu, seperti Arnie sebelumnya, Quaid harus mengasah otak untuk mencari tahu bagian mana yang sebenarnya dan bagian mana hasil imajinasi dari otaknya- seperti tagline film ini “Is It Real Is It Recall- belum lagi wanita yang sering muncul dimimpinya itu, Melina mengaku dirinya wujud manusia nyata bukan seperti di alam mimpi Quaid.

Karena produksi Origin Films ini didasarkan pada cerita pendek, maka wajar saja di film ini tidak memberikan pendalaman lebih pada karakter dan cerita melainkan lebih menitikberatkan ke sudut pandang imajinasi. Lihat saja,mobil udara yang menggantung, alat komunikasi berupa telpon yang ditanamkan di telapak tangan dan bisa divisualisasikan jika ditempelkan ke kaca, perubahan wajah dan suara bisa dilakukan via alat yang ditempelkan ke leher. Dari segi pemain, Kate Beckinsale yang mampu menunjukkan kualitas akting terbaik di film ini sehingga penonton termasuk saya bisa merasakan sosok antagonis dalam dirinya terutama pengejaran tanpa lelah untuk membunuh Colin Farrell-entah hal ini disengaja atau tidak karena Kate Beckinsale adalah istri Len Wiseman. Selebihnya untuk adegan laganya saya akui pas, dan adegan yang saya sukai saat pertarungan brutal antara Kate Beckinsale dengan Jessica Biel di dalam lift. Sebagai jawaban dari pertanyaan diatas, Len Wiseman berhasil  memberikan formula yang berbeda dari versi aslinya walau tetap dengan  konsep yang sama.Oiya, untuk adegan BB (buka- bukaan) terjadi sangat cepat, jadi pasang mata baik- baik ya ha..ha..ha.


2 komentar:

  1. "......untuk membunuh Colin Farrell-entah hal ini disengaja atau tidak karena Kate Beckinsale adalah istri Len Wiseman." LOL.....(meskipun bener)

    Well kayaknya harus nonton ini....

    BalasHapus
  2. o untuk kata yang kamu kutip diatas itu maksudnya karena Kate Beckinsale adalah istri Len wiseman, jadinya di film Total Recall ini kelihatan banget porsi adegannya lebih banyak (jika dibandingkan dengan si protagonis Jessica Biel

    BalasHapus