Senin, 20 Agustus 2012

Lockout


Director: James Mather and Stephen St. Leger, 2012


Luc Besson, seorang produser yang dulunya pernah menyutradarai film- film super aksi seperti La Femme Nikita dan Leon The Professional . Kini bekerjasama menulis skenario film -yang diangkat berdasar ide originalnya- bersama James Mather dan Stephen St. Leger, dimana duo ini juga bertindak sebagai sutradaranya. Sekarang, sebagai sutradara yang dipercaya oleh Besson memilih aktor Guy Pearce sebagai lakon utamanya. Mungkin, yang menjadi pertanyaan jika film ini begitu orisinil artinya keseluruhan kisahnya nanti haruslah fresh dalam artian belum pernah ada yang menceritakan sebelumnya dan tentunya tidak klise. Betulkah demikian?

Apakah yang akan dilakukan oleh seorang yang menjadi tersangka pelaku pembunuhan di suatu TKP ( Tempat Kejadian Perkara) sementara dirinya merasa ada seseorang yang sedang menjebaknya. Jelas, tentu saja yang dilakukannya melindungi diri. Pada prolog film digambarkan aksi kejar- kejaran antara Snow-yang menjadi si tersangka dengan pihak aparat Negara. Sayang, Snow akhirnya tertangkap juga. Hasil interogasi yang dikepalai oleh Direktur Agen Rahasia Scott Langral, menyatakan dirinya harus mendekam didalam penjara MS One selama 30 tahun lamanya atas pembunuhan  tingkat satu serta tuduhan terlibat  penjualan rahasia Negara. Apa itu MS One ? Ditahun 2079, penjara sudah tidak seperti sekarang ini, MS One adalah satu- satunya fasilitas penjara luar angkasa dengan keamanan terbaik dimana tidak ada kontak fisik dan seksual, tidak ada keributan, yang pasti tidak ada satupun tahanan penjara yang berhasil kabur. Keadaan yang diberlalukan pada semua tahanan tadi dinamakan dengan istilah ‘Statis’, tetapi memiliki efek samping yakni terjadi masalah pada otak,dementia bahkan kegilaan pada tubuh si tahanan. 

Cerita baru dimulai ketika Emily Warnock, seorang putri Presiden Amerika sedang meneliti penjara MS One. Setiba disana, ia mewawancarai salah satu tahanan ‘gila’yang bernama Hydell. Belum selesai proses wawancara, Hydell mengambil salah satu senjata dari pihak aparat- yang mendampingi Emily dan menembak semua aparat didalam ruangan tersebut. Terjadilah kekacauan didalam penjara, karena kini semua ruang tahanan penjara dibuka dan dibebaskan oleh Hydell serta mengambil alih sistem penjara MS One. Cerita selanjutnya mudah ditebak karena nyawa putri Presiden ini dalam keadaan bahaya sementara Snow ingin bertemu dengan Mace-salah satu teman baiknya yang juga berada dipenjara MS One, disamping untuk meringankan masa tahanannya. Snow pun menerima tawaran dari Presiden dengan tugas utamanya masuk ke MS One, menjemput Emily dan membawanya kembali ke Bumi melalui salah satu kapsul penyelamat yang ada didalam penjara.

Hakekatnya Snow bukanlah heroik sejati, ia hanya ditugaskan untuk menyelamatkan nyawa putri seorang Presiden diantara para tahanan ‘gila’. Sedikit mengingatkan saya akan tokoh Frank yang dibawakan oleh aktor gundul Jason Statham dalam filmnya Transporter. Sedangkan karakter yang diperani Pearce memang bukan mengandalkan wajah tampan, namun macho berwibawa sedikit cerewet. Seingat saya film terakhir yang ia perankan adalah difilm Prometheus (2012) sebagai  Peter Weyland-mungkin di film ini kita tidak mengenal wajahnya dengan baik karena disana ia berperan sebagai orang tua renta. Di Lockout Pearce didampingi aktris Maggie Grace,  masih ingat dipikiran saya Grace berperan sebagai anak manja Liam Neeson di film Taken tetapi di film ini ia tidak lagi menyusahkan namun mampu menjaga dirinya sendiri. Dan, kesimpulan saya akan film ini ternyata tidak memberikan sesuatu yang fresh , mungkin satu-satunya yang fresh mengenai keberadaan penjara yang beredar di luar angkasa. Bahkan, adegan diawal cerita saat Snow dikejar mengingatkan saya dengan film Total Recall yang baru saja saya tonton, adegan aksi super cepatnya malah kelihatan/terkesan  animasi banget alias tidak diambil senyata mungkin-yang pernah dilakukan oleh perfilman Hollywood belakangan ini. Selebihnya, yang menyelamatkan film ini adalah menutup kisahnya dengan memberikan jawaban dari pertanyaan diawal kisahnya dengan sedikit kejutan.

 

0 komentar:

Posting Komentar