Senin, 20 Agustus 2012

Expendables 2

Director: Simon West, 2012


Bersiaplah masyarakat pecinta film karena telah dirilis satu film yang akan menjadi penutup summer movie tahun 2012, setelah dibuka oleh film The Avengers di bulan Mei yang lalu. Sutradara Simon West dan penulis cerita, Richard Wenk kembali melanjutkan kisah para bintang laga dari 3 (tiga) dekade ini yang menjanjikan non-stop action from beginning till the end.  Ya, film ini nyaris dibintangi oleh pemeran pria seluruhnya ( guy flick ) dan memang bukan dinikmati dengan nyaman. Sebelum saya mengulas cerita sekuel The Expendables 2 lebih lanjut, sedikit saya memberikan gambaran bagaimana plot cerita The Expendables (2010). Premis ceritanya cukup sederhana yaitu mengenai serdadu- serdadu bayaran yang menemukan hati nurani mereka saat menjalankan misi menggulingkan kediktatoran Jendral Garza dinegara fiktif-Pulau Vilena di Amerika Selatan yang disokong oleh mantan anggota operasi C.I.A.

The Expendables 2  dibuka dengan seorang tentara dari Negara Nepal mendatangi seorang pria dalam keadaan mata dan kepala tertutup. Karena, si pria ini tak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan si tentara, dipukullah salah satu anggota tubuh si pria ini. Setelah itu penonton langsung disuguhi penampilan perdana “The A-vengers Team” dalam memborbadir lingkungan sarang si penjahat tadi dengan desingan peluru dan bom-bompun ‘dimuntahkan’. Yang ternyata, misi mereka disini menyelamatkan si pemimpin tim serdadu mereka ,Trench-si pria tadi. Berhubung Barney Ross masih memiliki hutang kepada Church sebesar 5 juta US dollar. Sebagai ganti pelunasan hutang, Church menugaskan Barney dkk untuk menemukan sebuah pesawat Cina yang telah jatuh, dimana pesawat ini membawa sebuah brankas yang berisi kotak misterius. Jadi tugas utama Barney adalah menemukan lalu membawa kembali kotak misterius ini untuk diserahkan ke tangan Church. Dikarenakan, untuk membuka brankas harus memasukkan kode rahasia yang berubah 120 detik, maka Church menugaskan seorang wanita utusannya, Maggie Chang untuk turut serta mendampingi pencarian tim Barney.

Memang tugas Barney dkk berbuah keberhasilan, Maggie sudah mengambil isi didalam brankas tadi. Namun, sial perjalanan pulang mereka rupanya langsung disambut oleh kedatangan ‘kelompok Sang’ yang dikepalai oleh Vilain. Kali ini, tim Expendables mendapat 2 pukulan telak. Pertama, Vilain mengambil alih kotak misterius dari tangan Maggie Chang. Kedua, Barney tidak berhasil melindungi keselamatan anggota timnya yang meninggal dunia dalam tugasnya. Dan, untuk kedua kalinya penonton disuguhi pembalasan dendam tim Expendables . Oiya apa sebenarnya kotak misterius ini? Dalam satu adegan diceritakan bahwa kotak misterius ini adalah cetak biru dari sebuah lokasi tambang yang menyimpan 5 juta ton plutonium. Cetak biru ini harusnya berada ditangan orang benar, karena jika berada ditangan orang yang salah akan membawa dampak kehancuran dunia.

Film Simon West yang ini memang berjalan cepat dan menarik, bahkan mampu membuat penonton tetap dibangkunya dengan mata terus tertuju pada layar. Simon West juga mampu menggambarkan aksi balas dendam tim Expendables secara intens, yang juga tak lupa diselingi beberapa adegan humor. Sayangnya, Simon kurang mampu menghadirkan adegan perkelahian hand to hand antara Barney vs Vilain lebih garang. Sosok seorang penjahat bengis macam Vilain kenapa dengan begitu mudahnya dikalahkan oleh Barney tanpa perlawanan’ menggigit’. Dari deretan pemain,diluar kekurangan dalamnya per karakter, rata-rata saya menilai penampilan mereka cukup efektif karena setiap aktor tahu betul akan karakternya masing- masing. Tetapi, (lagi-lagi) sangat disayangkan penampilan Jet Lee sebagai Yin Yang hanya kebagian beberapa adegan diawal cerita saja. Padahal sebelumnya saya berharap Jet Lee kebagian peran besar seperti di film sebelumnya ini. Ya, memang sebagai ganti kehadiran Jet Lee ini Simon West menampilkan 2 wajah baru yakni si Liam Hemsworth dengan perannya sebagai Billy The Kid serta Nan Yu dengan perannya sebagai Maggie Chang. Diluar kekurangan penilaian saya akan film ini, The Expendables 2  adalah film yang hukumnya wajib ditonton terutama bagi penyuka adegan full action.


0 komentar:

Posting Komentar