Minggu, 30 November 2014

Exists

 Sutradara: Eduardo Sanchez, 2014

Seperti kebanyakan film dokumenter biasanya diawali dengan perjalanan. Tiga jejaka muda, Brian (Chris Osborn), Todd (Roger Edwards), dan Matt (Samuel Davis), bersama dengan teman-teman wanita mereka Elizabeth (Denise Williamson) dan Dora (Dora Madison Burge) menuju pedalaman hutan Texas dimana mereka akan menikmati liburan dalam kabin di dalam hutan ini. Adalah salah satu dari mereka, Brian adalah penggemar YouTube jadi kemanapun berada selalu membawa koleksi kamera video untuk mendokumentasikan setiap momen dalam perjalanan. Masalah dimulai ketika saat mengemudi dimalam hari mobil mereka menghantam sesuatu yang diduga adalah binatang, tetapi hasil rekaman Brian tampak itu bukanlah binatang pada umumnya.  

Eduardo Sánchez bukan nama sutradara baru dengan film-film bertema found-footage, sebagai pengingat ia yang menyutradarai salah satu film fenomenal tahun 1999, The Blair Witch Project. Dengan bekal itu, ia masih terbukti bisa menyulap suasana tegang menggunakan suara-suara menakutkan serta bayangan siluet. Tokoh utama memutar ulang rekaman kejadian sembari berkata "Lihat! Di sana! Apakah itu yang bergerak di ujung sana? "Beberapa penonton tidak diragukan lagi akan tutup mata telinga untuk mengantisipasi berbagai efek kejutan yang telah disiapkan oleh Sánchez. Kadang-kadang hanyalah canda gurau antara Brian dengan kawan-kawannya tetapi di saat tak terduga itu adalah Sasquatch sendiri, melemparkan beberapa raungan menakutkan di tengah malam.  

Disisi lain pasca The Blair Witch Project, Sanchez sendiri masih berkiprah dari genre film kegemarannya ini. Semisal menjabat sebagai co-director seri mockumenter "ParaAbnormal" (dengan Nash) dan segmen zombie sepeda-helm-cam di "S-VHS" (dengan Gregg Hale). Exists sendiri yang notabene merupakan film panjang keduanya sayangnya kurang menggali lebih banyak hal fundamental tentang found-footage alias belum bisa menyamai dari film pertamanya. Penonton hanya melihat seperti yang Brian lihat  membawa kamera di setiap sudut (termasuk sepeda dan helm) untuk mendapatkan berbagai gambaran pada setiap perselisihan, pertikaian dan kematian, bahkan mengapa teman-temannya tidak memberitahu dia untuk berhenti merekam ketika hal-hal aneh terjadi dan membantu mereka untuk bertahan hidup.  

Sejumlah film menggunakan monster sebagai metafora untuk penyakit yang lebih menakutkan, namun Exists salah satu karya terbaik ketika yang lebih menakutkan tadi ditampilkan melalui sudut pandang orang pertama via kamera GoPro. Meskipun menempatkan kamera amatir, ada dua urutan ketegangan dilakukan dengan baik. Pertama: yang melibatkan ruang bawah tanah (mengingatkan salah satu adegan di film The Evil Dead), yang kedua adalah ketika mobil RV akan dijatuhkan ke jurang (mengingatkan salah satu adegan di film Jurassic Park: The Lost World). Dengan durasi 80 menit, Sánchez masih mendapatkan kredit karena tidak membuang terlalu banyak waktu bagi penonton yang menonton filmnya ini.

0 komentar:

Posting Komentar