Jumat, 14 November 2014

Begin Again

 Sutradara: John Carney, 2013

Kita tahu bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan seniman adalah bahwa dalam setiap konteks pengalaman subjektif mereka- baik itu sebuah kata, suasana hati, atau arti- tampaknya berbicara langsung kepada mereka dan oleh merekalah diwujudkan dalam berbagai media mulai dari bentuk lagu, film, buku, atau gambar. Dalam Begin Again mengangkat satu pertanyaan kepada penonton "Apakah lagu bisa menyelamatkan hidup Anda?" sekaligus berharap akan "menyentuh" penonton dengan cara  membangkitkan bagaimana lagu memperkaya hidup mereka dan menghubungkan mereka dengan orang-orang di sekitar. 

Film dibuka di sebuah klub bawah tanah kecil, di mana Gretta (Knightley) dibujuk oleh teman baiknya, Steve (James Corden) untuk naik ke panggung sambil menyanyikan lagu yang dia ciptakan sendiri. Ketika Gretta bernyanyi ada satu pengunjung yang menyukai kualitas suaranya. Adalah Dan (Ruffalo),seorang produser rekaman indie yang kini hidupnya berantakan. Baru saja dipecat dari label rekaman yang membesarkan namanya ditambah dengan kondisi keluarga, berpisah dari istrinya Miriam,(Catherine Keener) dan putrinya, Violet (Hailee Steinfeld). Seperti Dan, kehidupan pribadi Gretta juga dalam keadaan kacau, karena mengikuti pacar sekaligus mitra kerjanya, Dave Kohl (Adam Levine dari grup band Maroon 5) dirinya sementara tinggal di kota New York namun karena sesuatu hal hubungan mereka pun kandas ditengah jalan.  

Sekali lagi seorang sutradara asal Irlandia, John Carney -ditahun 2006 sukses mengarahkan film Once- berhasil menciptakan sebuah kisah drama romantis dengan kota New York sebagai latar belakangnya plus sentuhan lagu-lagu melankolis, sederhana, natural. Kisah cinta antara dua insan manusia yang karena sebelumnya sama-sama memiliki masalah dan karena musiklah yang menghubungkan mereka berdua. Terasa ada kedekatan hubungan antara Keira Knightley dan Mark Ruffalo dalam penampilan mereka. Ada saat dimana mereka mendengarkan daftar lagu ketika bepergian melewati sudut-sudut hingga di pusat keramaian kota New York yang sejenak mengingatkan akan film-film jadul. 

Aspek lain dan terpenting mengapa penonoton menyukai dari film Begin Again adalah soundtrack. Lagu-lagu yang ada di film ini mungkin akan menjadi kenangan tersendiri khususnya bagi kalian yang sudah menontonnya. Kalian akan ingin mendengarkan salah satu lagu tersebut berulang kali. Terhitung ada 2 (dua) lagu yang sangat memorable yaitu "A Step You Can't Take Back" dan " Lost Star", khusus "Lost Stars" sendiri mempunyai 2 versi, masing- masing dibawakan oleh Keira Knightley dan Adam Levine.

Hidup itu sulit namun Begin Again setidaknya berhasil membuat penonton bersemangat memulai sekali lagi menjalani hidup yang sebelumnya cenderung membosankan dengan rutinitas yang dijalani. Saya  sangat merekomendasikan kalian menonton film ini. Ini adalah salah satu film drama musikal yang membuat kalian cooling down (setelah beberapa bulan ke belakang kita di sodori film-film musim panas yang penuh adegan aksi) sembari mendengarkan alunan lagu-lagu didalamnya.

0 komentar:

Posting Komentar