Sabtu, 07 Juli 2012

The Amazing Spider-Man

Director: Marc Webb,2012


3 Juli 2012 The Amazing Spider-Man (selanjutnya disingkat TASM) premiere diseluruh dunia menandakan sudah 10 tahun film arahan sutradara Sam Raimi sukses membawakan kisah manusia laba- laba ini pertama kali dari komik ke layar lebar, ya saya masih ingat antrian sangat panjang hingga diluar gedung bioskop Tunjungan 21 demi mendapatkan sepasang tiket nonton. Telah banyak momen terjadi dalam kurun waktu 2002-2012, dimulai dari pengenalan masing- masing karakter, bagaimana proses Peter Parker menjadi Spider-Man, siapa kekasih dan musuh Spidey, kemudian berlanjut ke sekuelnya yang memiliki lapisan cerita lebih kompleks. Sayang di film ketiganya para kritikus film memberikan komentar cukup mengecewakan walau Sam Raimi memberikan porsi jumlah villain tidak hanya satu dalam satu film. Sementara itu, reboot dari sutradara Marc Webb menjanjikan sesuatu yang baru dari franchise ini.

TASM memulai ceritanya ketika masih kecil tiba- tiba ayah dan ibunya tanpa sebab yang jelas menitipkan Peter Parker ke Paman Ben dan Bibi May. Menginjak remaja, Peter tak sengaja menemukan tas milik ayahnya  yang didalammya berisi berkas sebuah formula dan foto teman ayahnya. Dari info pamannya orang yang ada di foto tersebut adalah Dr. Curtis Connor bekerja di perusahaan Oscorps. Berbekal info tersebut  dan dengan harapan akan menemukan jawaban mengapa kedua orang tuanya meninggalkannya, Peter menyelinap ke perusaahan Oscorps untuk menemui Dr. Curtis Connor. Penyamaran ini membawa 2(dua) akibat pada dirinya: pertama  mempertemukan kembali Peter dengan Gwen Stacy yang juga teman SMU, dan yang kedua di salah satu ruangan rahasia Peter tergigit oleh laba- laba radioaktif.  Menyadari perubahan yang terjadi pada tubuhnya dan berkat kejeniusannya Peter menciptakan alat yang mengeluarkan jaring laba-laba dan menamakan dirinya “The Spider-Man”. Disisi lain, berkat formula yang berhasil ditemukan oleh Peter dengan menggabungkan genetika perpaduan spesies ditambah ambisius Dr. Curtis Connor sendiri untuk memiliki (kembali) lengannya yang buntung,  ternyata mengubah dirinya menjadi sosok reptil raksasa setinggi 3 meter yang dijuluki “The Lizard”.

Elemen- elemen penting dalam cerita Spider-Man masih tetap ada-seperti yang sudah diceritakan oleh Raimi- Peter Parker tinggal dengan paman dan bibinya serta kekuatan yang dimiliki Peter berasal dari gigitan laba-laba radioaktif.  Namun yang membedakannya adalah TASM memiliki kisah yang lebih ke arah psikologis  dengan lebih berfokus mengenai  isu kedua orangtuanya, karena dari sini lebih digali bagaimana emosi nyata seorang anak yang tiba-tiba ditinggalkan menjadikan Peter remaja menjadi seorang pemarah dan pemberontak, namun karena kematian dari orang terdekat yang ia cintai menyadarkannya kalau ia mempunyai tanggung jawab besar dengan kekuatan yang ia miliki. Selain ke lebih kearah psikologis, Marc Webb membawa kisahnya persis seperti yang ada di komik.  Tidak ada lagi Mary Jane, sebagai penggantinya adalah Gwen Stacy, yang adalah love interest pertama Peter Parker sesuai komiknya, kemudian Artificial Web-Shooter adalah sebuah alat  pertama kali yang ia ciptakan dimana mampu mengeluarkan jaring laba- laba, sebelum jaring laba-laba ini nantinya keluar yang berasal dari dalam dirinya.

Kebanyakan penonton pasti membedakan dengan versi Spider-Man sebelumnya. Raimi membawa kisahnya lebih banyak ke arah aksi, sedangkan Webb membawa kisahnya lebih humanisme, jelas ini terlihat dari sosok Peter Parker baik sebelum dan sesudah menjadi Spider-Man, super heronya terlihat lebih ke arah humoris ( masak di gedung tinggi dengan kostum Spider masih sempat membawa tas punggungnya sambil menelepon). Andrew Garfied pun berhasil membawakan karakter super hero manusia laba- laba ini, karena berhasil keluar dari bayang- bayang Spider-Man yang sudah dibawakan oleh Tobey Maguire, selain Emma Stone yang cantik dan sukses membawakan tokoh Gwen Stacy dimana Gwen disini terlihat lebih tangguh dan cerdas dibandingkan Mary Jane yang bisa dibilang malu malu mau saat berdekatan dengan Peter, dan Rhys Ifans tampil sempurna menjadi sosok The Lizard- yang ternyata memiiliki kepribadian ganda..So enjoy this movie " New Cast New Director New Vibe" dan sedikit informasi sekuel TASM ini akan dijadwalkan rilis 2 Mei 2014.

  


0 komentar:

Posting Komentar