Senin, 16 Juli 2012

2 Coelhos

Director: Afonso Poyart, 2012


Mendengar nama 2 Coelhos rasanya hampir pasti kita termasuk saya sendiri tidak mengetahui arti nama ini. Dapat dimaklumi karena 2 Coelhos adalah salah satu film dari negara Brazil. Jika diterjemahkan dalam bahasa Inggris 2 Coelhos  berarti 2 Rabbits. Setelah mengetahui arti dari judul film ini, pertanyaan yang muncul berikutnya “apakah inti ceritanya seputar kelinci?”. Sebelum saya mengulas film ini, sekedar informasi saya sampai bisa menonton film ini, karena rekomendasi dari teman sesama penggemar film di salah satu forum film terkenal di Indonesia. Didorong rasa penasaran, akhirnya saya bisa mendapatkan film ini walau mencarinya sedikit agak susah.

Seorang ibu dan anak laki- laki tiba- tiba ditabrak mobil dan boom terbangunlah seorang pria dari mimpinya. Dalam kesehariannya pria ini memiliki sejuta keinginan, sebut saja ingin menjadi dokter, astronot hingga ingin menjadi penyelam. Sementara ragu, ia menikmati 2(dua) hiburan favoritnya yakni menonton video porno dan main video games. Pria ini bercerita, sekembalinya dari perjalanan singkat-sekitar 2 tahun- dari luar negeri. Ia mempunyai misi yang harus segera dijalankan. Dengan bantuan temannya, ia mempunyai suatu alat yang dapat membunuh 2 kelinci hanya dengan satu kali pukulan. O iya pria yang saya sebut dengan kata ‘ia’ ini bernama Edgar.

Dibawah karpet Persia ada seorang wanita Asia, namanya Miss Phun, mulutnya disekap dan disandera oleh Maicom. Alasan mengapa Miss Phun disandera, karena ibunya Miss Phun, Celia, adalah seorang karyawan terpercaya dari si kembar Geush- orang kaya dari TV acara lelang-  yang dekat dengan Sasha. Maicom sendiri menyandera Miss Phun atas informasi Roberto- seorang polisi yang bekerja sebagai pengawal pribadi si kembar Geush-, dimana mereka berdua ini bekerja sama karena satu alasan: uang. Semua tindak tanduk Maicom tidak tercium oleh pihak aparat negara karena ia mempunyai orang dalam, Julia dan Henrique seorang jaksa dan pengacara kriminal.

Kembali ke tokoh Edgar. Pernah suatu kali dirinya dirampok oleh Velinha. Karena merasa tidak terima, Edgar menguntitnya, namun sial Velinha mengetahui kalau dirinya dikuntit. Merasa terancam akan dibunuh, Edgar memberikan informasi bahwa akan ada satu mobil yang mengangkut uang dalam jumlah besar. Kesepakatan pun terjadi diantara mereka, yang kemudian membawa kisah ini lebih dalam dengan penambahan beberapa karakter. Jader Kerteis seorang wakil Negara yang mempunyai istri, Sophia, yang dalam kehidupannya tak menyukai suaminya. Walter seorang professor Perguruan Tinggi namun bekerja sebagai kasir di restoran milik ayah Edgar.

Saya yakin teman- teman yang sudah membaca tulisan diatas, masih bingung dengan alur ceritanya. "Mengapa ada banyak karakter dalam film ini, lalu apa hubungannya dengan Edgar? kemudian judul 2 Coelhos  ini mengacu ke bagian cerita yang mana?" Coba tonton film ini  dengan penuh kesabaran karena semua elemen cerita yang terpisah- pisah tadi akan menyatu diakhir cerita melalui permainan adegan maju mundur. Saya mengumpamakan film ini seperti permainan puzzle, dari tiap kepingan puzzle kecil yang berserakan namun berkat kesabaran nantinya akan membentuk satu gambar yang utuh.  Akhir kata, inilah salah satu film produksi Negara Brazil yang sangat sangat berhasil memukau penontonnya dengan kualitas cerita yang sungguh sangat hebat.



0 komentar:

Posting Komentar