Selasa, 12 Maret 2013

Kahaani

Sutradara: Sujoy Ghosh, 2012



Seorang anak kecil sedang berjalan seorang diri di tengah keramaian peron kereta api sambil memegang tasnya sangat erat, layaknya berisi barang pribadi yang tidak boleh hilang bahkan lepas dari gengamannya. Sementara dilokasi yang sama seorang pria diburu oleh waktu mengejar seseorang yang membawa benda mencurigakan. Terlambat sudah, 100 (seratus) orang penumpang kereta api Stasiun Kalighat dengan tujuan berikutnya ke Stasiun Ravindra tewas akibat serangan gas mematikan oleh sekelompok teroris. Dari adegan pembukanya saja, Kahaani sudah menyatakan nada thrillernya: ini akan jadi film menegangkan.

2 (dua) tahun kemudian... kita akan bertemu dengan Vidya Bagchi (Vidya Balan) seorang istri dalam keadaan hamil tua, jauh- jauh datang dari kota London menuju kota Kolkata,India. Bukan karena alasan pekerjaan atau liburan melainkan untuk mencari tahu keberadaan suaminya, Arnab Bagchi yang tiba- tiba menghilang tanpa kabar dan pesan. Tanpa buang waktu, begitu sampai di Bandara Internasional Kolkata, pada supir taksi dirinya langsung minta tolong diantarkan ke kantor kepolisian. Karena keterangan yang disampaikan olehnya begitu detil serta lebih menghemat waktu pencarian maka kepala kepolisian mengambil keputusan untuk menugaskan salah satu anak buahnya Rana (Parambrata Chatterjee) menemani Vidya dalam proses pencarian suaminya. Betapa terkejutnya Vidya ketika apa yang dikatakan oleh suaminya sebelum menghilang dengan kenyataannya tidak sama. Semisalnya, ketika bertanya dengan pihak Personalia dimana suaminya bekerja atau juga bertanya dengan  pemilik penginapan dimana suaminya bermalam, semua informasi mengatakan sangat jelas kalau mereka tidak mengenal nama Arnab Bagchi.

Alurnya memang kadang terasa agak lambat, mungkin ini bisa dikatakan sebagai salah satu trik dari sutradaranya 'memancing' rasa penasaran penontonnya untuk mengetahui bagaimana akhir ceritanya. Seraya Vidya menemukan satu demi satu petunjuk keberadaan suaminya, kita juga diajak melihat secara langsung apa yang sebenarnya terjadi. Terkadang cerita sedikit berpindah ke masa lalu. Pertanyaan yang muncul di benak penonton "Apa hubungan peristiwa serangan teroris di kereta api dengan pencarian suami Vidya Bagchi di kota Kolkata. Tidak ada hubungan atau malah ada keterkaitannya"?. Ya, di setiap bagiannya sedikit demi sedikit inti cerita Kahaani mulai diungkap. Bagian- bagian yang awalnya terpisah mulai tersambung, kisah makin intens dan akhirnya memuncak dalam sebuah adegan akhir (twist) yang amat sangat mengejutkan.

Tak heran kalau industri perfilman Hollywood sana sering 'bermain-main' dengan pikiran penontonnya menghadirkan film berbagai tipe genre tetapi dengan sekaligus menambahkan unsur twist ending-nya. Tetapi, masih banyak karya diluar Hollywood yang tak kalah hebatnya namun sayangnya jarang terlihat dilayar lebar dan terdengar "suaranya". Inilah yang coba ditampilkan perfilman Bollywood dengan menghadirkan film Kahaani oleh Sujoy Ghosh yang mana selain dirinya menjabat sebagai sutradara juga selaku penulis cerita dan produsernya. Kualitas akting Vidya Balan sebagai tokoh sentral di film ini selain memang cantik, mampu membawakan karakternya sebagai seorang wanita yang gigih, tabah, dan tentunya berpendirian tegas. Kahaani menunjukkan bahwa ini adalah film tentang pencarian seorang istri yang walaupun belum pernah mengenal kondisi lapangan disana tetapi memiliki keyakinan penuh kalau suaminya masih hidup. Sebagi penutup, inilah film produksi India yang saya tonton tanpa embel lagu-lagu dan tarian khas India tetapi sangat berhasil mengejutkan penontonnya. Rekomendasi...           


3 komentar: