Minggu, 07 Oktober 2012

Taken 2

Director: Olivier Megaton, 2012


Mungkin kita sudah sering melihat film aksi yang mana selalu menonjolkan keberanian dan kehebatan seorang agen polisi atau CIA sebagai jagoannya. Dan, sebagai pengingat saja tepat 4 (empat) tahun yang lalu dirilis sebuah film yang menceritakan seorang mantan anggota C.I.A yang berani menempuh resiko apapun untuk mendapatkan kembali putri satu- satunya yang telah diculik oleh komplotan sindikat Albania.  Kali ini 20th Century Fox mempersembahkan sekuelnya dengan judul Taken 2, dimana ceritanya masih tetap ditulis oleh duo Luc Besson dan Robert Mark Kamen namun terjadi perpindahan kursi sutradara yakni dari Pierre Morel ke Olivier Megaton.

Plot cerita Taken 2 dimulai setahun setelah kejadian di film Taken yang pertama . Setelah berhasil menyelamatkan putrinya ,Kim, Bryan Mills (Liam Neeson) menjalani kehidupan dan pekerjaannya di kota Los Angeles tanpa ada masalah. Kunjungan demi kunjungan ke rumah mantan istrinya, Lenore, tetap dijalaninya demi satu tujuan yakni memantau semua kegiatan yang dijalani oleh putri semata wayangnya. Begitu ketatnya pengawasannya membuat Kim merasa jengkel, karena Kim sendiri berkeinginan menjalani kehidupan normal tapi ayahnya berkendak lain. Pernah suatu kali kejadian Mills menjemput Kim untuk mengantarkan tes mengemudi, tetapi Kim malah asyik berpacaran di lokasi berbeda. Di hari berikutnya, Mills tetap menjalani rutinitasnya berkunjung ke rumah Lenore. Namun kunjungan kali ini berbeda dengan kunjungan hari- hari sebelumnya, ia mendapati Lenore menangis karena rencana libur musim semi gagal oleh suatu sebab. Untuk mengobati kesedihan, ia mengajak Lenore dan Kim untuk berlibur di Istanbul sekaligus menemani dirinya bertugas disana. Ironis, rencana liburan keluarga Mills tidak seindah yang mereka bertiga bayangkan.

Adalah Murad Krasniqi, ayah dari Marko Krasniqi menuntut balas dendam  atas kematian putranya yang dibunuh oleh Mills di kota Paris. Pada adegan di awal cerita, Murad  berjanji -dihadapan sesama ayah yang mana anaknya juga dibunuh oleh Mills-secepatnya menemukan dan membawa keluarga Mills di Albania  untuk kemudian mengalami penyiksaan dan penderitaan. Di kota Istanbul inilah anak buah Murad berhasil menemukan keberadaan Mills yakni di salah satu hotel yang ditempati Mills untuk berlibur. Menyadari dirinya diintai oleh mobil yang tak dikenal, segera menyuruh istrinya untuk keluar sejenak  dari mobil sembari mengacaukan jejak pengintaian sang penjahat tadi. Ditengah usaha penyelamatan dan pelarian diri dari kejaran musuh ternyata harus berakhir,karena Lenore sudah ditangan musuh. Menyerah, mungkin itu jalan terbaik satu-satunya yang harus diambilnya. Dengan tangan terikat dan kepala ditutup kain hitam, mereka berdua dibawa ke rumah kediaman Murad. Ditempat lain, Kim yang masih berada di hotel menerima telepon dari sang ayah kalau ayah dan ibunya sudah diculik. Mau tak mau Kim yang dulu diselamatkan oleh ayahnya, sekarang berbalik Kim berusaha sekuat tenaga berusaha mencari keberadaan kedua orang tuanya sebelum hal yang buruk akan terjadi.

Ya, saya masih ingat betapa bagusnya alur benang merah yang sudah disajikan di Taken pertama. Atas dasar itulah saya menonton sekuelnya dengan harapan Taken 2 menghadirkan plot cerita lebih hebat dari pendahulunya. Namun, entah mengapa saya menilai jika dibandingkan dengan film pertamanya, Taken 2 masih belum mampu mengalahkan unsur aksi dan intesitas ketegangan di alur ceritanya. Mungkin, yang bisa diambil kelebihan dari sekuelnya adalah si Kim yang tidak lagi cengeng ha..ha..ha  


0 komentar:

Posting Komentar