Kamis, 24 Januari 2013

Flight

Sutradara: Robert Zemeckis, 2012


Film-film produksi Hollywood yang menceritakan seluk beluk perjalanan kisah di udara- pesawat terbang- sudah banyak yang memulainya. Ada film yang berjudul Turbulence (1997) yang menceritakan kepanikan dan malapetaka di udara dengan penambahan unsur teroris, dimana ditahun yang sama juga beredar film yang memiliki plot kisah pembajakan pesawat kepresidenan Air Force One. Kemudian ada lagi film Red Eye (2005) yang disutradarai oleh Wes Craven yang lebih memfokuskan kisahnya pada ancaman satu teroris terhadap satu korbannya didalam pesawat juga. Serangan pelbagai jenis ular berbisa yang dilakukan oleh teroris di dalam pesawat yang memakan banyak penumpang, Snake On A Plane (2006). Diluar bumbu teroris yang telah saya sebutkan tadi, ternyata ada juga film yang menceritakan sisi kepahlawanan atau yang lebih menjual adegan penuh aksi dan hiburan semata. Sebut saja Top Gun (1986), Iron Eagle (1986), Catch Me If You Can (2002). Dan, ditahun 2012 yang baru saja kita lewati ada satu film tentang pesawat terbang, Flight. Sebentar lagi saya akan mengulas benang merah kisahnya dan sekaligus mengetahui ke arah mana Flight akan berfokus.

Jika teman- teman sudah pernah menonton dan masih ingat dengan film yang berjudul Knowing (2009) yang disutradarai oleh Alex Proyas dengan bintang utamanya Nicholas Cage. Memang film ini tidak menceritakan soal pesawat terbang, tetapi ditengah- tengah film ini sempat menyuguhkan adegan aksi yang bagi saya pribadi cukup menegangkan. Ya, penonton dapat melihat dengan jelas bagaimana dasyatnya pesawat terbang tersebut jatuh di lokasi yang bukan pada landasan pesawat terbang. Kurang lebih seperti itulah, Flight memulai kisahnya cukup fantastis dan menegangkan walau diwaktu yang sama sempat membuat saya tersenyum kecil akibat kekonyolan seseorang. Tragedi jatuhnya Flight 227 yang dikendalikan oleh Pilot Whip Whitaker (Denzel Washington) bersama co-pilotnya, Ken Evans (Brian Geraghty) tentunya membawa konsekuensi yang harus dipertanggungjawabkan. Walau hanya 6 (enam) korban meninggal dunia termasuk 2 (dua) krunya, pihak penyelidik dalam hal ini terdapat satu badan bernama N.T.S.B ( National Transportations Safety Board) yang memulai proses penyelidikan bagaimana sampai terjadi insinden ini. Apakah memang murni kecelakaan dari komponen pesawatnya ataukah karena kelalaian seorang Pilot dan atau co-Pilotnya.

Jika melihat filmografi dari aktor yang pernah memenangkan Piala Oscar di tahun 2001 ini melalui perannya di film Training Day seharusnya tak diragukan lagi bagaimana kualitas aktingnya. Saya sendiri terakhir menonton film yang diperankan olehnya yaitu di film Safe House (2012) sebagai Tobin Frost yang dikejar-kejar oleh 2 (dua) pihak secara bersamaan- musuh dan pihak kepolisian-. Di Safe House saya melihat kemampuan aktingnya, mampu berperan sebagai seorang yang berada di wilayah ketidakpastian yang serba salah akibat masa lalunya yang sudah diperbuatnya. Demikian berlaku pada filmnya yang terbaru ini, dirinya ditempatkan pada satu posisi yang bisa dikatakan serba sulit. Benar, di sepanjang film ini bercerita kita sebagai penonton terkadang merasa prihatin atas permasalahan yang sedang dihadapinya tetapi semakin lama kita juga terkadang merasa jengkel atas kelakuannya.

Sementara dari filmografi seorang sutradara,Robert Zemeckis yang pernah berhasil meraih Piala Oscar sebagai Sutradara Terbaik di tahun 1995 melalui arahan filmnya berjudul Forest Gum (1994),  mengangkat sisi kepribadian seorang Pilot berikut dilemanya dengan latar belakang pesawat terbang yang kini mengajak aktor kaliber Oscar sebagai karakter utamanya. Jujur, dengan durasi yang hampir 2(dua) jam lebih ini yang berputar- putar bagaimana karakter utamanya keluar dari permasalahannya saya sendiri menilai Flight terlalu lama bercerita. Tetapi, akhirnya apa yang diarahkan oleh Zemeckis akan membuat saya tersentak. Akhir cerita Flight berhasil menuntaskan kebosanan saya di tengah- tengah kedodoran ceritanya. Dan, akhir kata kita sama- sama menunggu dan melihat apakah Flight akan berjaya di ajang Piala Oscar yang diselenggarkan tanggal 24 Pebruari mendatang yang diwakili oleh Denzel Washington sebagai salah satu Peran Utama Pria Terbaik selain mendapat nominasi sebagai Skenario Asli Terbaik.        

0 komentar:

Posting Komentar