Sabtu, 25 Januari 2014

12 Years A Slave

Sutradara: Steve McQueen, 2013



Bersetting kawasan Lousiana tahun 1841 dimana hukum perbudakan masih terjadi, karya Steve McQueen yang ketiga ini  -setelah Hunger (2008) dan Shame (2011)-  masih tetap mendapatkan apresiasi besar di ajang penghargaan perfilman dunia,Golden Globes dan Academy Awards 2014. Kita tahu bahwa saat ajang Golden Globe kemarin film ini hanya berhasil mengantongi satu piala Golden Globe untuk kategori Film Drama Terbaik, lalu bagaimana dengan ajang Piala Oscar tanggal 2 Maret mendatang?.

Karakter Solomon Northup membuka pintu bagi kita memasuki 'gelap'nya menjadi seorang budak, setelah diperalat oleh 2 (dua) orang yang mengajak dirinya bekerjasama menjadi seorang musisi. Semenjak menjadi seorang budak namanya pun dipanggil Platt, dari sini sedikit demi sedikit penonton mulai merasakan apa itu rasa getir lewat karakter Platt, ya sebelum menjadi budak dirinya seorang pria kulit hitam bebas yang memiliki keluarga,istri dan kedua anak yang sangat ia cintai. Sebagai pelunas hutang, Ford seorang pemilik budak harus menyerahkan Platt ke tangan seorang pemilik perkebunan yang sangat kejam, Edward Epps.

Dengan durasi 2 jam lebih penonton- tanpa harus membaca novel 12 Years A Slave karya Solomon Northup terbitan tahun 1853-  berhasil diterjemahkan oleh McQueen melihat kembali biografi Solomon Northup yang berjuang bertahan hidup selama hampir 12 tahun lamanya serta berjuang menghapus sistem perbudakan saat itu. Perjuangan hidup yang harus dialami oleh karakter utama di film ini, ternyata masih ada yang lebih menyedihkan dan lebih menyakitkan yaitu yang dialami oleh Patsey, seorang budak wanita 'kesayangan' Edward Epps. Adegan puncak menjelang akhir cerita benar- benar menguras emosi penonton, kedua mata ingin rasanya ditutup.

Film Drama Terbaik yang berhasil dikantongi di ajang Golden Globe lalu itu sudah bukti kuat bahwa memang film ini layak mendapat penghargaan. Baik dari segi kualitas cerita dan kekuatan akting prima para pemeran itu sendiri. Berbicara soal para pemeran dan setelah saya menonton film ini, akting Lupita Nyong'o yang berperan sebagai Patsey rasanya mampu menyabet Piala Oscar untuk kategori "Best Actress in A Supporting Role" ,mesti dirinya harus bersaing dengan keempat calon kandidat lainnya termasuk ada nama Julia Roberts dan Jennifer Lawrence. Untuk Steve McQueen sendiri sebagai sutradaranya, jika dirinya tidak berhasil meraih "Best Director", film ini dalam jangka waktu lama akan tetap menjadi perbincangan.  

0 komentar:

Posting Komentar