Sabtu, 02 Januari 2016

The Revenant

Sutradara: Alejandro G. Inarritu, 2015

Bukan pekerjaan yang mudah bagi seorang sutradara membuat satu film berikutnya hanya dalam selang kurun waktu setahun. Apalagi film sebelumnya sudah meraih penghargaan perfilman dunia sebagai Film Terbaik. Sebuah pencapaian yang luar biasa. Ya, selama masih ada kreativitas ide yang ingin dituangkan ke gambar bergerak, siapa pun boleh melakukannya. Kali ini tema kisah yang diambil adalah mengenai hubungan antara seorang ayah dengan putranya. Dari luar, tampak bukan tema yang baru. Sudah ada film beginian diangkat ke layar lebar. Tunggu sebentar, ditangan sutradara ini sesuatu menjadi tidak seperti film lainnya.

Hugh Glass ( Leonardo DiCaprio) adalah seorang ayah yang bekerja sebagai pemburu bulu binatang yang memliki seorang putra, Hawk (Forrest Goodluck). Suatu waktu dirinya diminta bantuannya bergabung dalam suatu ekspedisi menyusuri Sungai Missouri yang dipimpin oleh Kapten Andrew Henry (Domhnall Gleeson). Oleh penduduk asli setempat,Native America, tindakan mereka ketahuan dan terjadilah pertempuran sengit di sekitar perbatasan sungai. Glass beserta kawanannya memilih melakukan perjalanan darat menuju dalamnya hutan liar, dengan alasan supaya tidak diketahui oleh si Native America tersebut. Tetapi, dalam pelarian inilah sesuatu yang besar terjadi. Ketika hendak menembak salah satu anak beruang Grizzly, dari arah belakang Glass diterkam habis-habisan oleh sang induk beruang. Tubuhnya terluka parah tak bisa bergerak bahkan bicara. Lalu, Kapten Andrew menugaskan 3 (tiga) orang sukarelawan , John Fitzgerald (Tom Hardy), Jim Bridger (Will Poulter), dan Hawk untuk tetap bersama menjaga menemani Glass sampai bantuan tiba.

Judul The Revenant sendiri yang kalau diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia memiliki arti seseorang yang bangkit dari kematian. Bukan, ini bukan film horror. Itu bukan ahlinya sang sutradara. Dengan durasi hampir 2,5 jam adegan awal perburuan kelompok Glass dengan Native America- karena pengambilan bulu binatang- perlahan demi perlahan berpindah ke hubungan antara ayah-anak. Untuk kali ini Alejandro memilih bekerjasama dengan Mark L. Smith menuangkan ide mereka, menerjemahan salah satu novel karangan Michael Punke yang memiliki judul asli : “The Revenant: A Novel of Revenge" (2002) ke dalam layar lebar. Hasilnya, tidak pernah ada rasa lelah bahkan sebaliknya menunggu sampai akhir bagaimana kisah ini akan berakhir.Endingnya membawa emosi. Terpuaskan.

Selain dukungan cerita yang mumpuni, pemilihan seorang sinematografer tak boleh dipandang sebelah mata. Setelah kolaborasinya tahun lalu dengan Alenjandro, Emmanuel Lubezki lagi-lagi menampilkan sinematografi yang benar- benar memanjakan mata. Adegan pengambilan pohon bercabang, narasi tokoh utama di awal film, alam liar. Sangat familiar bagi yang sebelumnya sudah menonton film The Tree Of Life (2011). Ya, itulah ciri khas Lubezki yang diulang disini. Nah, yang mungkin menjadi sorotan akhir- akhir ini karena mendekati ajang perfilman dunia baik itu The Golden Globes ataupun The Academy Awards, nama Leonardo DiCaprio sempat dibicarakan apakah dirinya menjadi pemenang sebagai Aktor Terbaik. Melihat akting maksimal dia di film ini rasanya untuk kali ini Leonardo DiCaprio layak menerima Piala Oscar tahun ini. Kita lihat bersama. Semoga.

  

             

6 komentar:

  1. Sejujurnya gw sbg fans Dicaprio agak bosen liat dia dgn peran grim...depress mulu (well, Wolf of Wall Street tempo hari lumayan beda),, tapi semoga akting 'grim' dia disini bisa menang Oscar !

    BalasHapus
    Balasan
    1. pagi Nugros lama gak bertemu di blog ya...Well, kemarin di ajang Golden Globe ternyata dia menang lho. Oke, let's see di ajang Academy Awards yg sebentar lagi digelar ya. tq

      Hapus
    2. iya sih..hampir ga ada saingan tahun ini. Leo all the way lah...

      eh,kita belom tuker link nih..tukeran yu?

      Hapus
    3. kita sudah tuker link kok,bro. pls cek ya tq

      Hapus
  2. Salut sama acting nya leo... Ajip bgt.. Barusan banget ane liat the revenant. Versi web. Dl

    BalasHapus
  3. keren film nya...
    kasian liat Leonardo DiCaprio di koyak2 beruang

    Download Allegiant (2016) Bluray

    BalasHapus