Kamis, 24 Desember 2015

Star Wars VII: The Force Awakens


Sutradara: J.J Abrams, 2015



Waktu yang telah lama ditunggu telah tiba. The Force telah kembali.  Apa saja  yang terbaik dalam Star Wars - Film, acara TV, video game, spin-off, dalam setidaknya 32 tahun, Star Wars: The Force Awakens memberikan energi kehidupan baru menjadikan salah satu franchise terbaik sepanjang sejarah dengan cara yang baik membangkitkan kesenangan- terutama bagi penonton yang lahir di tahun 80-an- terlihat begitu menjanjikan. Namun, sementara batu ujian  terletak pada siapa sutradaranya. George Lucas sang pencipta orisinal Star Wars, kini berpindah diarahkan oleh J.J Abrams . Ada pergeseran tone yang membawa materi lebih dekat dengan nuansa film Steven Spielberg. Serentak premiere hampir di seluruh dunia sebelum Natal, debut pertama dari distributor film Disney ini sebagai kustodian baru memberikan tidak hanya satu melainkan dari dua atau tiga film terlaris sepanjang masa.
 

Tiga puluh tahun setelah Episode VI: "Return of the Jedi" peristiwa perang Rebellion dilancarkan terhadap Kekaisaran Galactic, ancaman baru telah muncul, mengancam untuk mengambil alih galaksi seperti yang dulu dilakukan oleh Darth Vader dan The Emperor. Mereka menyebut dirinya  The First Order, dipimpin oleh hologram dari Pemimpin Tertinggi  Snoke (Andy Serkis), dan seorang pria bertopeng hitam bernama Kylo Ren (Adam Driver), salah satu yang kuat dalam sisi gelap dari Force. Meski dengan tidak adanya Luke Skywalker (Mark Hamill), yang telah mengasingkan diri ke lokasi tersembunyi untuk alasan rahasianya sendiri, Resistance tetap dipimpin oleh Putri Leia (Carrie Fisher), gerakan yang menaruh harapannya untuk menemukan Luke, membawanya kembali, dan menggunakan sisi terang untuk menaklukkan sisi gelap. Sebagai film pertama dari trilogi selanjutnya, tiga orang petualang muda akan bergabung bersama untuk memperjuangkan kebaikan galaksi: Poe Dameron (Oscar Isaac) seorang pilot, Rey (Daisy Ridley) si pemulung, dan Finn (John Boyega) mantan anggota Stormtrooper . Mereka  bergabung menemukan sang Mater Jedi, bertemu sekutu baru, dan menentang The First Order.


Visualisasi yang menakjubkan, emosional yang bercampur aduk, score music yang melegenda ditangan John Williams. Masih dengan plot cerita yang dimulai dengan kalimat “ a long time ago in a galaxy far far away..”, yang diakhiri dengan maksud untuk film masa depan, dan dikemas di tengah dengan segala sesuatu yang membuat penonton sangat betah duduk di kursi bioskop dengan durasi 2 jam lebih. Mulai dari kembalinya  karakter utama , lagu tema lama, referensi klasik, robot andoid yang disukai anak kecil R2-D2 ke BB-8 , pahlawan pemberani, dan perjuangan terus-menerus antara terang & gelap; itu semua ada. Dan tidak hanya itu, elemen kisah baru dibuat untuk mengisi beberapa celah kosong didalamnya, menciptakan  cerita baru yang menggairahkan kita dengan kemungkinan-kemungkinan baru. Poe menerbangkan pesawat X-wing , Rey memegang pedang lightsaber berwarna biru; perpaduan antara yang baru dengan yang lama adalah suatu hal yang sangat brilian, memberikan kita semua apa yang kita inginkan.



Pada akhirnya, "Star Wars VII: The Force Awakens" menunjukkan karya seorang J.J Abrams seorang pembuat film yang menghadapi tugas terberatnya yaitu bagaimana melanjutkan salah satu ensembles yang paling dicintai dalam sejarah film, melanjutkan petualangan karakter mereka sebelumnya, dan membantu mereka melewati tongkat dari generasi jaman dulu ke jaman modern hingga menjadi  salah satu tokoh ikonik  saat ini - dan muncul kembali dengan solusi yang bahkan ketika itu tidak terpikirkan, diikutkan ke dalam seri ini dengan cukup stylish, momentum, cinta untuk membuktikan kepada siapa pun yang pernah menganggap diri sebagai seorang penggemar sejatinya Star Wars. Dan mengenai cliffhangerendingnya atas beberapa pertanyaan yang belum terjawab setidaknya ini menjadikan spekulasi 18 bulan ke depan. Sekarang saatnya untuk menantikan apakah Episode VIII ( Mei 2017) dapat membangun serta membawa franchise Star Wars kembali ke orbit yang lebih tinggi.



 

1 komentar: