Minggu, 05 April 2015

Furious 7

Sutradara: James Wan, 2015

Yang sudah terjadi dalam  "Fast 6," adalah bahwa Dominic Toretto (Vin Diesel) sudah memiliki keponakan dari keluarga sahabatnya Brian O'Connor (Paul Walker)-Mia (Jordana Brewster), kekasih lamanya yang dikira meninggal dunia ternyata masih hidup, Letty (Michelle Rodriguez) beserta 3 (tiga) krunya Tej (Ludacris), Roman (Tyrese Gibson) ,Hobbs (Dwayne Johnson) berhasil mengalahkan musuh utama  Owen Shaw (Luke Evans). Dan sebagai pembuka "Furious 7", Owen berada di rumah sakit di ambang kematian dikunjungi oleh kakaknya, Deckard (Jason Statham), seorang mantan Pasukan Khusus Inggris yang kini menjadi seorang penjahat selama beberapa tahun terakhir. Setelah mengetahui penyebab kondisi adiknya saat itu, ia bersumpah untuk menemukan dan membunuh siapa saja yang harus bertanggung jawab. Selama menempuh perjalanan singkat ke Los Angeles, Deckard akhirnya mendapatkan nama dan alamat yang menjadi targetnya. Target pertamanya  dengan melakukan perjalanan ke Tokyo untuk bertemu Han (Sung Kang), dalam sebuah langkah yang cukup mengejutkan di bagian paling akhir "Fast 6" karena menunjukkan bahwa "Tokyo Drift" sebenarnya awal kronologis setelah peristiwa bagian 4, 5 dan 6.

Balas dendam ini menjadi lebih seru dengan sub plot baru yakni adalah sebuah  program pengintai dinamakan God’s Eye yang telah dicuri oleh sekelompok teroris dikepalai oleh Jakande (Djimon Hounsou), pencipta program tersebut Ramsey (Nathalie Emmanuel) perlu diselamatkan; dan seorang penegak hukum misterius dengan pasukannya sendiri, Mr. Nobody (Kurt Russell) berjanji untuk membantu  Dom mendapatkan Deckard jika tim Dom mau dan berhasil menyelamatkan Ramsey serta mendapatkan kembali si God’s Eye. Dan itu belum semua. Permainan panjang kucing dan tikus yang membawa tim Dom dari Tokyo sampai ke Abu Dhabi atau dari Azerbaijan hingga ke Los Angeles dengan Deckard mengejar tanpa henti. Itu beberapa lokasi yang dipakai oleh master horor James Wan (SAW) tak kalah hebatnya dengan sutradara-sutradara sebelumnya dengan me-pakem-kan kembali franchise Fast and Furious dengan adegan memorable kopeling dan gas rem dalam berbagai tipe mobil super cepat. Michelle Rodriguez, menakjubkan dalam gaun merah. Paul Walker beradu tendangan dengan Tony Jaa. Terakhir untuk Tyrese, memang benar-benar pelawak. Sukses membuat satu studio ketawa dengan joke-joke segarnya.

Sebagian besar kredit selayaknya kita berikan kepada sutradara, James Wan, yang sebelumnya dikenal dengan gaya ciri khas horrornya dimana berhasil membuat penonton jump-scare pada kedua filmnya "The Conjuring" dan "Saw". Ya, dia tidak malu meninggalkan jejak yang membawa namanya di genre perfilman horror untuk kemudian membanting kemudinya mengarahkan film yang terkenal dengan genre full action. Dan, terbukti  jujur ada rasa berbeda ketika menonton seri “Fast” and “Furious” yang sudah menginjak seri ketujuh. Hampir empat belas tahun lamanya dari seri pertamanya, tahun 2001. Hubungan emosional antara aktor yang terlibat didalamnya dapat benar-benar dirasakan jauh lebih dalam "Furious 7," sebagai contoh mulai dari chemistry antara Dom dan Letty - akhirnya - serta ucapan perpisahan antara Dom dan Brian yang menjadi persis apa yang kita bayangkan antara kehidupan nyata teman dekat Diesel dan Walker.

Furious 7 paling membedakan diri dari seri pendahulunya (mungkin) berkaitan dengan kejadian yang tak terduga ketika film ini sedang dalam masa syuting. Seperti yang sudah diketahui bersama kalau salah satu aktor di film ini, Paul Walker meninggal dunia di bulan Nopember 2013 dalam sebuah kecelakaan mobil. Mengutip salah satu dialog yang diucapkan oleh Dom “I don’t have friends. I have family,” . Begitulah cerita dibelakang layar yang mewarnai Furious 7. Arti sebuah kesetiaan dan keluarga. Franchise ini mungkin akan tetap berlanjut dengan Diesel, Rodriguez, Johnson, dan beberapa pemeran lainnya, tetapi yang pasti, Furious 7 menghadirkan serangkaian sekuens memompa adrenalin untuk memuaskan para penontonnya dan begitu emosional. Akhir kata, sebagai salah satu tribute untuk Paul Walker dibuatlah salah satu lagu yang sekaligus dijadikan lagu penutup Furious 7  dengan judul “ See You Again” dinyanyikan oleh Wiz Khalifah (feat Charlie Puth).



0 komentar:

Posting Komentar