Minggu, 18 November 2012

The Twilight Saga: Breaking Dawn Part 2

Director: Bill Condon, 2012


Saat pertama kali novel karya Stephenie Meyer ini divisualisasikan ke layar lebar, jutaan penggemar novelnya begitu antusias memadati seluruh gedung bioskop termasuk di negara Indonesia. Tunggu dulu dari survei yang saya baca dan yang pernah saya lihat sendiri, yang memadati gedung bioskop ini kebanyakan para kaum hawa(pada kemana semua kaum adamnya). Mengapa? mungkin, salah satu penyebabnya karena novel ini yang hampir berisi percintaan. Yup, cinta segitiga satu manusia cewek diantara satu pria penghisap darah dan satu pria serigala jadi-jadian yang disajikan dengan bumbu romansa berlebihan. Sori ya sebelumnya  jika ada twi-hards disini yang merasa jengkel kalau saya memberikan pendapat begitu. Alasan tadi saya mengomentari film ini bukan karena ikut-ikutan melainkan dari pengalaman saya menonton seri pertamanya Twilight via DVD, bukannya menawarkan adegan aksi –seperti yang ada di trailer-malah banyak adegan romansa mellow- mellow-nya. Sejak dari itu, saya kurang tertarik menonton lagi seri-seri selanjutnya. Something change…ya ini yang kemudian terjadi pada diri saya. Saya mencoba menonton Breaking Dawn part 1 via DVD, komen saya? Lebih baik ceritanya walau masih ada adegan mellow itu tapi secara keseluruhan gak bikin saya ketiduran dan yang terbagus adalah di akhir ceritanya seperti yang dibuat di film Harry Potter and the Deathly Hallow part 1, bikin saya penasaran untuk menonton bagaimana kelanjutannya. Dan, waktu yang ditunggu-tunggu baik  para penggemar novel dan penonton pecinta Twilight Saga sudah tiba Breaking Dawn Part 2 dirilis bulan Nopember 2012. 

Changes …satu kata inilah yang keluar dari pikiran saya setelah selesai menonton karena inilah poin utama yang saya tangkap dari keseluruhan cerita dari bagian kedua seri Breaking Dawn.  Siapa dan apa saja yang berubah?. Bella Swan. Ya, di akhir cerita Breaking Dawn part 1 menampilkan sosok Bella dalam keadaan sekarat pasca melahirkan anak pertamanya tetapi tak lama kemudian sesuatu terjadi dalam tubuhnya, mata Bella berwarna merah. Ending tersebut yang menjadi penyambung sekaligus pembuka kisah Breaking Dawn part 2. Warna mata merah tadi menandakan bahwa sekarang dirinya adalah manusia penghisap darah. Layaknya seorang penghisap darah, Bella pun telah memiliki kemampuan tambahan mulai dari tajamnya indra penglihatan, indra penciuman, indra pendengaran hingga mampu berlari dan melompat super power seperti suaminya Edward Cullen. Kemudian, Renesmee nama inilah yang dipanggil dan dicari Bella ketika baru tersadar kalau ia sudah mempunyai seorang putri. Walau 2 (dua) hari ditinggal, perubahan cepat dialami Renesmee yang kini lebih dekat dengan si Jacob. Oke, sempat terjadi selisih paham antara Bella dengan Jacob perihal Renesmee tapi akhirnya terselesaikan. Berkaitan dengan kedua perubahan tadi, keluarga Cullen menghadiahkan sebuah rumah cantik di dalam hutan bagi mereka berdua. Yaaa, ini dia adegan romantis mereka berdua dilanjutkan lagi hahaha…Setelah berakhir sesi percintaan, Bella menyadari bahwa ada satu orang yang mengharapkan kabar terntang dirinya. Siapa?

Charlie. Satu-satunya orang tua yang dipunyai Bella sangat menantikan kabar putrinya. Hasil pembicaraan di keluarga Cullen memutuskan untuk memberitahukan kalau Bella sudah meninggal dunia, walau ini bukan satu keputusan yang baik dan tepat tapi ini juga demi kebaikan Charlie daripada mengetahui kalau anaknya menjadi manusia penghisap darah. Orang yang diberikan tugas untuk menyampaikan hal ini adalah Jacob, karena Jacob adalah satu-satunya orang terdekat yang dikenal Charlie. Apa daya Jacob tak bisa berbohong karena itu menutupi kebenaran, yang ada malahan ia mengungkap jati dirinya kalau ia bukanlah manusia yang selama ini dikenal Charlie. Setiba dirumah keluarga besar Cullen, Charlie langsung mendatangi putri dan menanyakan mengapa ia menjadi seorang penghisap darah. Kebingungannya ditambah kalau dirinya seorang kakek bagi Renesmee. Believe or not, Charlie hanya berkata “ Yang perlu kutahu saja” *LOL. Disela- sela kebersamaan keluarga Cullen saat melihat pantulan cahaya matahari Bella akhirnya mengaku  bahwa “ masa manusiaku sudah berakhir, kini aku menjadi seorang vampir”…Dan, inilah yang saya tunggu- tunggu Breaking Dawn part 2 mulai menunjukkan’ giginya’. Kala Renesmee bermain serpihan salju bersama ibunya dan Jacob, dari kejauhan dilihat oleh Irina.  Segera Irina melaporkan hasil pandangan matanya ke Aro, pemimpin Volturi. Ya, Irina melaporkan kejahatan besar yang dilakukan olek keluarga Cullen yakni telah lahir seorang ‘Anak Abadi’, tak lain adalah Renesmee. Ditempat yang berbeda, Alice yang mempunyai kemampuan khusus melihat masa depan mengetahui rencana jahat yang akan dilakukan Volturi. Dahulu kala, ada seorang bocah laki yang terlahir menjadi ‘Anak Abadi’, namun status ini menjadi ancaman bagi kaum Volturi sehingga siapa saja yang terlahir menjadi ‘Anak Abadi’ harus dibunuh.  Berangkat dari hal inilah, keluarga Cullen mengetahui mengapa kaum Volturi memburu dan akan membunuh Renesmee. Yang menjadi pertanyaan apakah pertempuran besar yang terjadi karena Renesmee merupakan jalan satu-satunya? Yup, bagi yang sudah membaca novelnya sudah pasti mengetahui jawaban ini.

Akhirnya Twilight Saga mengakhiri kisah perjalanannya di tahun 2012, sudah banyak percintaan dan konflik terjadi diantara para karakter didalamnya. Dan, seperti (lagi-lagi) saya mencontohkan novel terkenal karya J.K Rowling, novelnya diakhiri dengan terjadinya pertempuran besar kubu baik melawan kubu jahat. Sementara,komentar saya dari sisi aktor si Taylor Lautner lagi- lagi memamerkan otot yap seperti di Breaking Dawn part 1 membuka bajunya, eh itu bukan yang saya suka karena yang suka adalah akting Kristen Stewart di part 2 ini dia makin cantik sebagai seorang vampir apalagi dengan kekuatan super “S”-nya berusaha semaksimal mungkin melindungi suami terutama putrinya. Di akhir kata, seperti yang dikatakan oleh Edward Cullen “ …I would like to thank you for an extraordinariy life” demikian saya pun berkata “…saya berterima kasih menutup akhir kisah Twilight-nya dengan adegan aksi yang ciamik”.   



2 komentar:

  1. SAYA SANGAAAT MENIKMATI FILM ini....sangat..sangaaaat sangaaaat....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, saya juga menikmati bahkan menyukai akhir kisah dari film saga ini

      Hapus