Minggu, 28 Februari 2016

Crouching Tiger, Hidden Dragon: Sword Of Destiny

 Sutradara: Yuen Woo Ping (2016)

Dalam dunia persilatan selain ilmu beladiri yang harus dipelajari supaya menjadi seorang pendekar terkenal, ternyata ada satu lagi yang selalu menjadi kejaran hampir di setiap film serial dan atau film lepas Mandarin. Senjatanya. Ya, alat perkelahian satu ini mampu menjadikan si empu senjata akan disegani sampai ditakuti para lawannya, makanya tidak heran kalau si empu senjata tersebut terdengar sudah meninggal dunia, siapa saja akan berusaha mendapatkan senjata tersebut. Demikian pula yang terjadi dan menjadi tema sekuel dari film Crouching Tiger, Hidden Dragon yang dirilis tahun 2000 lalu ini.
   
Adegan dibuka dengan setting waktu 18 (delapan belas) tahun sejak Li Mu Bai (Chow Yun Fat) meninggal dan mantan kekasihnya Yu Shu Lien (Michelle Yeoh) khawatir tentang pedang tua milik Li Mu Bai "The Green Destiny", yang memiliki kekuatan mistik mampu membuat pemiliknya tidak ada duanya. Ia kembali ke kuil di mana pedang disembunyikan karena si penjaga pedang ini telah meninggal. Atas kejadian ini, Shu Lien meminta bantuan para pendekar diluar sana yang bertugas menjaga pedang ini dari kelompok penjahat yang dikepalai oleh Hades Dai (Jason Scott Lee).

Dibalik kesuksesan Crouching Tiger, Hidden Dragon yang dikenal sebagai salah satu film wuxia -tentunya membawa nama Ang Lee di dunia Internasional- dengan sekuens perkelahian seni bela diri hampir diseluruh ceritanya, film ini sendiri sebenarnya bercerita mengenai sebuah tragedi romantis yang menyentuh hati. Sword of Destiny mencoba untuk menangkap nada yang sama tetapi sayangnya masih satu level dibawahnya. Penyebab utamanya karena adanya pengulangan naskah cerita dan beberapa karakter pendukung yang jika penonton jeli apalagi yang sudah menonton film pendahulunya, pasti tahu letak yang dimaksudkan.Ya, meski ada penambahan sedikit selingan humor di tengah-tengah cerita sebelum kita disuguhi adegan pamungkasnya. Kekurangan di sekuel ini tertutupi oleh beberapa penjelasan yang belum terjawab/ diketahui oleh penonton di film sebelumnya, serta penggalian latar belakang lebih dalam pada setiap karakter tambahan disini. Bagus. 

Karakter Donnie Yen disini menggantikan peran sebagai aktor utama pria yang sebelumnya diperankan oleh Chow Yun-Fat, namun tidak terlihat akan hubungan chemistry begitu dekat seperti ketika MichelleYeoh beradu akting dengan Chow Yun fat. Memang ada ada satu sekuens gejolak rasa cinta dalam hubungan mereka tetapi penonton tidak merasakan kedekatan diantara mereka berdua. Di tempat lain dalam cerita, dua karakter muda Wei Fang dan Snow Vase (diperankan oleh Harry Shum Jr dan Natasha Liu Bordizzo) yang malah lebih mencuri perhatian, terjebak dalam konflik yang bergulat antara tugas dan kasih sayang. Akhir kata film yang semula berjudul Crouching Tiger, Hidden Dragon: The Green Legend ini mengisahkan tentang pertempuran antara pihak kebaikan dan kejahatan yang akan menentukan nasib dunia persilatan selanjutnya demi sebuah pedang legenda, kisah cinta yang disertai dengan pertunjukan ilmu beladiri dari awal hingga akhir.

 

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus